Rabu, 14 Desember 2011

MATERI KELAS 9 : SPEEDY


Speedy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Speedy
Speedy adalah layanan akses internet end-to-end berkecepatan tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT. TELKOM), berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga).
Berbeda dengan layanan internet dengan koneksi dial-up (seperti TelkomNet Instan), Telkom Speedy menggunakan saluran telepon yang dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan akses internet. Namun, untuk dapat menikmati fasilitas saluran telepon dan internet secara simultan, pelanggan Speedy harus mempergunakan splitter yang dapat memisahkan saluran telepon dan saluran modem.

Daftar isi

  [sembunyikan

[sunting]Kecepatan Unduh dan Unggah

Bergantung dari Paket yang digunakan. Telkom Speedy memiliki kecepatan unduh dan unggah yang berkisar antara 128 kbps dan maksimum hingga 512 kbps (Untuk unggah) dan 384 kbps dan maksimum hingga 768 kbps. Pada saat - saat tertentu, Kecepatan unduh Telkom Speedy dapat mencapai 1 Mbps. Tetapi terkadang, Telkom Speedy hanya memiliki kecepatan di bawah 128 Kbps atau hanya mendapat kecepatan 56 kbps. Dan bahkan tidak memiliki kecepatan sama sekali (0 Kbps / tidak terkoneksi)dan juga murah

[sunting]Modem

Untuk dapat mengakses Speedy, Telkom Speedy tidak dapat mempergunakan modem analog biasa, melainkan harus menggunakan ADSL. Dan pada umumnya modem ASDL ini dijual terpisah.

Modem dapat dihubungkan ke komputer/laptop melalui fasilitas konektor:

DareGlobal DB-108 E ADSL Modem Blue.jpg
Gambar modem ADSL Speedy merek DareGlobal DB-108E ADSL.

[sunting]Koneksi

Karena teknologi yang digunakan hanya dapat menerima jaringan telepon tertentu saja, Maka untuk dapat melakukan koneksi ADSL, diperlukan kualitas jaringan telepon yang cukup baik dan stabil. serta memiliki alat Digital Subscriber Line Access Multiplexer yang dapat diperoleh di Sentra Telepon Otomatis di Kantor Telkom di seluruh Indonesia.
Untuk melakukan koneksi internet, modem ADSL melakukan 2 tahap koneksi:
  • Koneksi ADSL dari modem ke DSLAM di STO terdekat
  • Koneksi Internet melalui Broadband Remote Access Server , dengan terlebih dahulu melalui proses otentikasi di Remote Authentication Dial In User Server untuk verifikasi username danpassword pelanggan

[sunting]Kelemahan dan Kekurangan Telkom Speedy

Disamping kelebihan Telkom Speedy, Telkom Speedy juga memiliki kelemahan. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Koneksi Telkom Speedy disaat hari - hari tertentu (Pada saat awal bulan ataupun pada saat hari - hari libur) tidak dapat menyambungkan koneksi ke Internet.
  • Di samping koneksi yang terkadang lamban, namun tarifnya tetap sama dan tidak ada penggantian kerugian
  • Layanan Telkom Speedy terkesan kurang atau bahkan sangat buruk sehingga tak jarang pelanggan dibuat pusing dan kecewa hingga akhirnya banyak pelanggan yang beralih ke layanan internet lain maupun berhenti berlangganan[2]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar